PDAM Jayapura Canangkan Gerakan Menanam dan Bersih Sumber Air

SENTANI- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura telah mencanangkan gerakan menanam pohon dan bersih-bersih sumber air di kawasan Pegunungan Cycloop. Kegiatan itu sebagai upaya pelestarian dan perlindungan terhadap kawasan Pegunungan Cycloop sebagai sumber air bagi masyarakat, baik di Kabupaten Jayapura maupun di Kota Jayapura.

“Hari ini kami mencanangkan gerakan bersih-bersih sumber air dan gerakan menanam pohon,” kata Direktur PDAM Jayapura, Entis Sutisna di selah-selah kegiatannya di Sentani, Sabtu, (20/6).

Dia menjelaskan, gerakan bersih sumber air  ini juga menjadi satu motivasi bagi masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian sumber air, terutama di daerah aliran sungai. Gerakan bersih sumber air ini menjadi gerakan rutin dari PDAM Jayapura yang melibatkan masyarakat, pemuda gereja kemudian organisasi kepemudaan ataupun masyarakat adat. Ke depan, gerakan itu tidak saja dilakukan di sumber air Cycloop, tapi juga di beberapa wilayah lainnya seperti di Angkasa, Kampwolker dan  Entrop.

“Ini adalah upaya kita bersama-sama dengan masyarakat, pemilik ulayat untuk sama-sama kita bertanggungjawab terhadap kelestarian maupun daya dukung sumber air sebagai salah satu penyuplai, pemasok air bersih di Kota dan Kabupaten Jayapura,” ujar Entis.

Selanjutnya, untuk program gerakan bulan menanam, nanti akan dilaksanakan di seluruh sumber air, terutama di kawasan hulu yang berada di kawasan Pegunungan Cycloop.

“Kita akan menanam tanaman yang memang bisa memperkuat cadangan air di daerah hulu. Mudah-mudahan dengan dua kegiatan yang kami canangkan ini yaitu gerakan bulan menanam dan gerakan bersih sumber air ini,  PDAM bisa bersatu padu dengan para tokoh pemangku kepentingan untuk bersama-sama menjaga pelestarian sumber daya air ini,” ujarnya.

Bukan hanya retorika belaka, tapi ini berkesinambungan.  “Hari ini kita  bersama dengan seluruh jajaran tukang ledeng  di Pos 7 Sentani semata-mata selain memperingati hari ulang tahun PDAM ke-28,  kita juga akan mencanangkan dan menggelorakan kegiatan kontinu, ini akan terus berlangsung dengan teratur. Minimal sebulan sekali kegiatan bulan menanam dan pembersihan sumber air dilakukan,”tambahnya.

Sumber : https://www.ceposonline.com