Menghadapi Natal dan Tahun Baru PDAM Jayapura Membentuk 5 Unit Tim Siaga

 

Direktur Utama PDAM Jayapura, H. Entis Sutisna, SE MM, belum lama ini, menyatakan bahwa untuk menghadapi Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, seluruh personil PDAM tidak libur walaupun tanggal 18 hingga 05 Januari  khususnya di Provinsi Papua adalah merupakan hari libur resmi.

Untuk mengantisipasi kegiatan ini telah dibentuk, lima tim yang berada diseluruh Unit Pelaksana Pelanggan ( UPP ) PDAM. Mereka bertugas untuk memantau kondisi Pendistibusian Air Minum ke pelanggan dan menangani kendala-kendala yang terjadi dilapangan.

Hal ini di lakukan karena pada saat ini fenomena yang terjadi dilapangan beda dengan tahun- tahun  sebelumnya. Ditahun ini akibat kemarau yang masih berlangsung telah terjadi penurunan debit secara dratis hampir diseluruh sumber air yang dikelola oleh PDAM Jayapura

“ Biasanya di bulan November dan Desember intensitas curah hujan cukup tinggi bisa seminggu 3 hingga 4 kali. Namun tidak terjadi pada tahun ini , hal ini yang mengakibatkan penurunan debit air pada sumber air yang ada, ujarnya.

Kami mengakui,  banyak keluhan pelanggan yang di sampaikan melalui media social (medsos) seperti Facebook maupun keluhan dimedia cetak. Ada beberapa wilayah yang memang pelayanannya tidak optimal sehingga harus digilir.

 “Seperti di Wilayah Waena, Perumnas 1,2, dan 3, saat ini harus dilakukan pengiliran untuk pemerataan distribusi air, ini memang murni karena memang kondisi di Intake Kampwolker terjadi penurunan debit air sampai dengan 50 persen,” ungkap Direktur Utama.

Sementara itu, lanjutnya , dengan keterbatasan kondisi sumber air  yang menagalami penurunan debit, pihaknya tetap konsistensi dalam memberikan pelayanan air di seluruh UPP  mulai dari Jayapura Utara hingga ke Wilayah Sentani.

“ Ini membuktikan bahwa komitmen kami melayani pelanggan cukup tinggi,” ujarnya. (soet)