PDAM JAYAPURA RAIH 3 PENGHARGAAN TOP BUMD 2019

Pada tahun 2019 ini PT Madani Solusi Internasional (Madani Group), penerbit majalah Top Business, bekerja sama dengan sejumlah lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis terkemuka kembali menggelar ajang pemberian award TOP BUMD 2019 yang prosesnya sudah dimulai di bulan Februari 2019 ini.

TOP BUMD 2019 mengangkat tema: “Membangun Ekonomi Daerah Yang Berkelanjutan.” TOP BUMD merupakan kegiatan pemberian award sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD-BUMD di Indonesia yang dinilai berhasil dalam hal:

Peningkatan kinerja keuangan dan bisnis;

Peningkatan pelayanan kepada customer dan masyarakat umum;

Peningkatan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan bisnis dan investasi di daerahnya;

dan Turut berperan dalam menggerakan roda perekonomian di Indonesia.

Ketua Panitia Penyelenggara TOP BUMD 2019, yang juga CEO Madani Group dan Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, Moh. Lutfi Handayani MM. MBA. mengatakan, “Kegiatan TOP BUMD ini diselenggarakan untuk mendukung kebijakan dan program Kementerian Dalam Negeri RI dan juga sejalan dengan arah dan kebijakan pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah .”

Tahun ini peserta TOP BUMD 2019 disaring dari 1.149 BUMD di seluruh Indonesia. Kemudian diseleksi menjadi 200 BUMD Finalis. Dari Finalis tersebut, sebanyak 162 BUMD Finalis yang mengikuti proses penilaian lanjutan secara lengkap.
"Jumlah peserta ini, meningkat 10 persen dibanding tahun lalu dimana sebanyak 130 BUMD finalis yang mengikuti proses penilaian secara lengkap," ujarnya dalam keterangannya, Senin (29/4/2019).

Sejumlah lembaga penilai dan konsultan yang ikut sebagai penilai ada beberapa. Antara lain Asia Business Research Center, Sinergi Daya Prima, PPM Manajemen, Harvard Business Review-Intellectual Business Community, Melani K. Harriman Associates, dan lain-lain.

Menurut Ketua Dewan Juri TOP BUMD 2019, Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin MSc. MEng.  “Ajang TOP BUMD 2019 ini memiliki nilai lebih dibandingkan ajang pemberian penghargaan lain, yaitu metode penilaian yang digunakan tidak hanya menggunakan kuesioner dan wawancara penilaian. Tapi panitia memberikan sejumlah rekomendasi yang sangat bermanfaat untuk dapat diterapkan oleh para peserta.”

Selain itu yang sangat menarik untuk tahun ini ada penghargaan untuk TOP PEMBINA BUMD, sehingga sejumlah nama besar kepala daerah pun mendapat penghargaan karena peran yang baik sebagai pembina BUMD. Kata Laode Kamaluddin  “Kepala daerah merupakan pembina dan pemegang saham. Maka ikut berperan dalam keberhasilan yang didapatkan oleh BUMD.”

Dalam acara Puncak Penyerahan Penghargaan TOP BUMD 2019, yang dilaksanakan di Grand Ball Room The Sultan Hotel  Jakarta,  PDAM Jayapura mendapatkan 3 penghargaan sekaligus yaitu kategori TOP PDAM 2019 yang diterima oleh Direktur PDAM Jayapura H. Entis Sutisna, SE, MM dan 2 penghargaan TOP PEMBINA 2019 untuk Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awaitouw, SE, M.Si dan Walikota Jayapura Dr. Drs, Benhur Tommy Mano, MM sebagai pembina dan pemegang saham PDAM JAYAPURA

Direktur Utama PDAM Jayapura  H. Entis Sutisna, SE, MM pada kesempatan tersebut mengatakan, penghargaan TOP BUMD 2019 yang diraih PDAM Jayapura kali ini tidak terlepas dari peran seluruh stakeholders yaitu Pemerintah Propinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Pemerintah Kota Jayapura yang selalu membantu dan mendorong PDAM Jayapura untuk maju dan berkontribusi dalam pembangunan daerah khususnya dibidang pelayanan air minum, dan berharap Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh karyawan/karyawati PDAM Jayapura untuk selalu meningkatkan kinerja dan lebih meningkatkan pelayanan bagi masyarakat di Jayapura.

Penghargaan TOP BUMD 2019 untuk kategori terbaik di sektoral air minum yang diraih pada hari ini (29/04) menjadi kado special bagi PDAM Jayapura terlebih  bagi jajaran Direksi PDAM Jayapura masa bhakti 2018-2023 dimana pada bulan April ini tepat 1 tahun masa kepemimpinan kami, dan juga merupakan hasil kerja keras dari segenap karyawan/karyawati PDAM Jayapura, tutur Direktur Utama PDAM Jayapura. (soet)